Langsung ke konten utama

Cara Membuat Website Sendiri Di 2019: Panduan Untuk Pemula Cara Membuat Website

Cara Membuat Website Sendiri di 2019: Panduan Untuk Pemula

Hallo, bertemu kembali, di kesempatan akan membawakan mengenai Cara membuat website Cara Membuat Website Sendiri di 2019: Panduan Untuk Pemula simak selengkapnya 

Oke, oke kamu memutuskan buat membuat website. Pertama-tama, selamat! Artinya, kamu benar-benar mengerjakan sesuatu yang perlu diketahui dunia. Dan “dunia” di sini berguna separuh dunia, akibat separuhnya lagi belum memiliki aliansi internet (jadi bersyukurlah kamu sudah memiliki internet, ya!).

Nah, arahan ini bakal membimbingmu melalui seantero jalan membuat kedudukan web dengan kaidah yang jelas, ringkas, dan yang terpenting, tanpa omong-kosong. Halaman web yang anyar dan segar bakal siap di waktu kurang dari miring jam. Dan hemat lebih dari $200 dengan inti ala hal-hal penting dan memakai kode promo kami.

Ya, kita sarwa tak adem buat mulai, tetapi sebaiknya kita berbalah beberapa kejadian lebih lalu (jangan khawatir, tak bakal lebih dari 5 menit). Tapi, kalau kamu sudah gemetar tak adem mencoba membuat website, dan gemar MULAI SEKARANG JUGA, scroll beberapa kali ke bawah memakai link di laman ini.

Pertama-tama

Pertama, mari kita perjelas di awal: kendatipun arahan ini bebas sepenuhnya (duh!), ini bukan akan membuat kedudukan web gratis. Memang, secara teknik kita bisa membuat website tanpa menghunus sepeser pun. Tapi, kamu layak memakai hosting bebas (yang biasanya payah sekali) ataupun paket langganan tak berbayar buat pembuat website seperti Weebly (yang menampilkan iklan dan brand mereka di websitemu, ih!). Tapi, alasan terbesarnya adalah: kamu tak bisa memiliki nama daerah gratis. Lagipula, menumpang daerah orang, seperti “situsku.weebly.com”, membuat hadirin tak menganggap akut websitemu.

Kedua, buat kamu yang bertanya “siapa sih anak Adam yang mengajari ini?!” Inilah taaruf diri kecil – ataupun bisa dibilang pujian blak-blakan buat diri sendiri: nama aku Andrii Shekhirev. Saya merupakan pendiri Satori Webmaster Academy (alias website ini). Selain membuat website buat desain aku dan anak Adam beda sejak tahun 2007, aku merupakan Elite Author di ThemeForest, pasar template website terbesar di adam – komoditas aku telah mengakomodasi lebih dari 200 anak Adam buat membuat website mereka sendiri (dan tidak, ini bukan iklan).

Selama bertahun-tahun, aku sudah mencoba berjibun kaidah membuat website, memeriksa program website builder, penyedia hosting, dan sistem tadbir konten yang tak terhitung banyaknya. Panduan ini merupakan inti dari sarwa yang sudah aku pelajari, dan dengan senang hati aku bagikan ala kalian musim ini.

Huff! Untunglah percobaan itu sudah berlalu. Sekarang, saya layak beri tahu bahwa arahan ini memuat beberapa link afiliasi. Artinya, aku bakal kena komisi tetap dari vendor bersangkutan, misalnya kalau kamu membeli paket hosting melalui link di artikel ini.

Namun, keistimewaannya: jumlah yang kamu bayarkan tetap sama akibat vendor melepaskan kompensasi dengan arta mereka sendiri – seperti menghunus arta buat iklan. Jadi, ya, kalau kamu suka arahan ini, pertimbangkan buat membeli hosting via link kami. Biarkan si perusahaan multinasional raksasa yang membayar saya, muahahaha!

…Ehm, oke. Kembali ke topik. Sebelum kita berangkat (bersabarlah mendengarkan saya!), sedia beberapa mitos yang sudah meluas akan pabrikasi website. Abaikan saja, dan kamu bakal menyadari hal-hal yang sebenarnya penting.

Beberapa Kesalahpahaman – Ketahuan!

Mitos nomor satu: kamu layak tahu kaidah memprogram kode buat membuat kedudukan web. Tentu saja. KALAU INI TAHUN 1994! Serius. Seperti yang kita tahu, teknologi sudah lebih maju sejak masa-masa dahulu web, dan secuil besar jalan pabrikasi website sudah otomatis, termasuk penulisan kodenya. Kamu cukup memilih gawai yang paling cocok dan mengetahui beberapa kejadian penting (yang merupakan inti dari arahan ini).

Mitos nomor dua: membuat kedudukan web sendiri menghajatkan arta jutaan. Hanya kalau kamu meminta agensi membuatkan website sepenuhnya. Dan kemungkinan besar, langkah-langkahnya sama seperti yang dijelaskan di arahan ini (lalu mereka memberi dakwaan besar buat itu).

Mitos nomor tiga: membuat kedudukan web memerlukan waktu lama. Ya, kadang-kadang, terutama kalau kamu sedang pemula dan belajar dari nol. Tapi, kalau kamu bersikap cerdas dan inti ala kejadian yang tepat, laman websitemu bisa live di waktu KURANG DARI SETENGAH JAM. Tujuan arahan ini merupakan membantumu melakukannya. Jadi, mari mulai!

Langkah 1 dari 4: Mendapatkan Domain dan Hosting

Hal pertama yang kamu butuhkan merupakan area tinggal website. Dalam istilah teknis, area ini disebut web hosting. Intinya, hosting merupakan komputer eksklusif yang selalu menyala buat menyimpan berkas websitemu dan menampilkannya ala siapa pun yang mengetikkan bibit website dan menekan Enter.

Selain itu, kamu lagi layak memiliki bibit (seperti www.contoh.com), alias nama domain. Untungnya, kamu bisa mendapatkan daerah sekaligus akibat sedia berjibun penyedia hosting yang lagi menawarkan daerah di ahad bundel.

Ada ribuan perusahaan hosting besar dan kecil, tetapi biasanya kita tak memilih yang kecil. Sebaliknya, pilih hosting yang stabil dan andal dengan track record yang bagus. Kamu pasti menginginkan website yang bisa diakses 24/7/365, dan aku takkan berbalah jalan migrasi yang menyusahkan ke penyedia hosting anyar kalau website yang lama tak bisa dipakai lagi. Melelahkan, percayalah.

Dari sarwa penyedia hosting yang sudah aku coba dan uji selagi bertahun-tahun, hosting yang paling bisa diandalkan dan enteng digunakan merupakan Hostinger: berdiri selagi lebih dari 20 tahun, memiliki 17+ juta pelanggan di seantero dunia, dan enteng digunakan oleh pemula. Selain itu, detik ini mereka menawarkan beberapa diskon menarik buat hosting dan domain, yang bakal kita periksa sedikit.

Agar jalan pemesanan hosting bisa dilakukan dengan cepat dan lancar, aku sarankan buat lebih lalu membayangkan nama domain. Kamu bisa memakai search bar daerah Hostinger kalau yakin nama yang dipilih belum ada, ataupun memakai gawai eksklusif yang menghasilkan nama. Alat terbaik yang aku tahu (dan lagi ada kalanya aku gunakan) merupakan Dot-o-Mator, gawai bebas yang membantumu mengombinasikan kata-kata turunan dengan berjibun prefiks dan sufiks, diatur beralaskan topik.

Tapi, kalau kamu menemui jalan buntu, pertimbangkan buat memakai ekstensi daerah anyar ketimbang .com yang sudah biasa (dan padat).

Sudah? Oke, masa ini kita siap mulai. Klik bincul di bawah buat mengunjungi laman penawaran Hostinger dengan diskon eksklusif buat hosting. Ngomong-ngomong, ingat bundel hosting + daerah yang kami sebutkan tadi? Hostinger detik ini menawarkan pendaftaran daerah GRATIS bersama tiap paket hosting. Jadi, kamu bisa hemat Rp 219,000 ekstra (biaya daerah .com normal):

Dapatkan diskon 15% hosting Hostinger ›

Di laman itu, kamu bakal kena pilihan empat paket hosting. Kalau kamu tak butuh beberapa website sekaligus, pilih paket Ekonomi akibat paket itu sudah menyediakan sarwa yang kamu butuhkan buat mulai.

Setelah melangkaukan paket ke keranjang, kamu layak menentukan beberapa pilihan buat memanipulasi pesanan. Pertama, pilih berapa bulan yang gemar dibayar di muka. Meskipun kamu bisa memilih peredaran dakwaan 3 tahun, 12 bulan sudah lebih dari cukup buat mengetes melapuk terjangmu di adam maya DAN kena diskon 43%. Kalau kamu memutuskan buat mempertahankan website sehabis ahad tahun (semoga saja), kamu tak perlu melakukan apa-apa lagi. Ada mekanisme perpanjangan impulsif yang sudah disediakan (tapi, dakwaan periode berikutnya merupakan harga normal).

Di bawah pilihan peredaran pembayaran, kamu bakal memandang tiga ekstra yang bisa ditambahkan ala order. Ayo kita lihat ketiganya dan putuskan apakah kita membutuhkannya ataupun tidak:

Pertama, sedia pilihan Sertifikat SSL. Inilah lapisan enkripsi ekstra yang menenteramkan traffic webmu, biasanya hadir dengan bahana berupa ikon gembok lugu dengan cap “Aman” di search bar browser. Selain itu, Google Chrome sudah berangkat menampilkan cap “Tidak Aman” yang amat bahana buat website non-SSL sejak bulan Juli 2018. Jadi, bahana mereka memberi tahu kita bahwa mereka tak suka website yang tak aman:

Jadi, kendatipun websitemu bisa berfungsi tanpa SSL, sangat disarankan buat langsung membeli SSL (selain akibat migrasi dari website non-SSL ke website SSL amat sulit).

Kedua, sedia pilihan Backup dan Cloudflare Protection. Kamu bisa mengabaikannya dengan aman akibat pilihan itu tak penting buat membuat website. Selain itu, di belahan bontot arahan ini, aku bakal menunjukkan kaidah backup dan mendapatkan perlindungan website tanpa biaya!

Setelah ekstra, kamu bakal memandang belahan buat memilih daerah gratis. Ingat, pilihan zona daerah yang tersedia di penawaran ini terbatas. Jadi, kalau menginginkan daerah beda (misalnya, ekstensi .co.id), kamu bisa membelinya beka dari panel admin Hostinger.

Untuk singkatnya, beginilah laman order Hostinger dengan sarwa pengaturan yang aku rekomendasikan di atas:

Tahap akhir pemesanan hosting! Saya diam-diam amat bersemangat akibat inilah alpa ahad ketika “tunggu, sedang sedia juga yang lebih baik”, yaitu: kode promo kami! Kamu bisa hemat 15% dari harga akhir.

Klik link “Punya Kode Kupon?” benar di atas belahan “Total” di kanan laman (ya, diatur sedemikian rupa sehingga agak sulit ditemukan :), kalakian salin asosiasi ini dan klik Terapkan:

Cukup klik tautan “Punya kode promo?” di bawah belahan “Total” di sudut kanan bawah laman pemesanan (ya, Hostinger menempatkannya sedemikian rupa supaya tak mencolok :) kalakian memasukkan asosiasi ini di jendela munculan dan mengeklik Terapkan:

SPECIAL15

SEKARANG, kamu siap melanjutkan pembelian. Klik bincul besar “Checkout” berwarna hijau, masukkan informasi penagihan, dan selesaikan order. Saya kira kamu sudah pernah membeli di internet, oke belahan ini kita lewati saja, ya.

Sudah? Ayo berhitung: kita sudah menghemat Rp 780,355 buat hosting, dan Rp 413,184 + Rp 138,880 = Rp 276,032 buat sifat non-esensial yang bisa ditambahkan nanti. Seakan belum cukup, kamu lagi hemat Rp 120,000 berkat daerah gratis. Totalnya, kamu bisa hemat Rp 1,452,419 yang bisa dihemat sejauh ini! Bagus, bagus. Mau tahu kabar yang lebih bagus? Penerapan langkah berikutnya di arahan ini tak butuh sepeser pun!

Ngomong-ngomong, kita sudah menyelesaikan langkah 1, yang mungkin merupakan belahan tersulit di jalan ini. Sekarang, kamu bisa merilekskan badan dan ayap kopi. Saya bakal menunggu di sini (karena aku cuma teks di halaman).

..

..

Sudah segar? Sekarang langkah 2.

Langkah 2 dari 4: Menginstal WordPress

Kita sudah memiliki hosting nyaman buat website yang bakal dibuat. Jadi, tak sedia yang menghalangi kita buat memulai website. Sudah siap?

Kalau kamu bertanya, “apa itu WordPress”, interlud singkat: WordPress, ataupun disingkat WP, disebut sistem tadbir konten, merupakan perangkat lunak yang membantumu melaksanakan seantero website, dari desain dan konten batas pengaturan dan struktur.

Kenapa memilih WordPress? Sederhana saja, akibat WordPress merupakan alat perkakas website yang disukai internet, menjalankan hampir sepertiga website di seantero dunia (artinya berjibun sekali), misalnya CaraJadiKaya. WP bebas buat digunakan ataupun dimodifikasi, enteng dikembangkan dengan ribuan plugin gratis, dan memiliki komune pemakai yang besar dan cenderung saling mendukung. Panduan, tutorial, dan tip akan penggunaan WP berjibun tersedia di jagat web, dan secuil besar lagi gratis.

Kedengarannya memang pilihan logis buat anak Adam yang anyar pertama kali memiliki website. Jadi, kita bakal berbalah WordPress sahaja di arahan ini. Plus, aku memiliki beberapa tip tambahan akan kedamaian dan performa sehabis kita menyelesaikan pengaturan 3 langkah ini.

Baik, kita lanjutkan, ya. Ayo masuk ke akun Hostinger yang anyar dibuat. Kamu bakal memandang daftar komoditas di sana. Klik bincul “Kelola” di belahan “Hosting”.

Kamu bakal diarahkan ke dasbor hosting, area penting yang pasti bakal ada kalanya kamu kunjungi nanti. Tapi, buat sekarang, carilah “Auto Installer” di bawah “Website” (ikon monitor komputer dengan kilat kuning) dan klik.

Auto Installer merupakan antamuka yang enteng digunakan buat menambah sistem tadbir konten ala website. Klik pilihan WordPress buat memulai jalan (ikon “W” putih di lingkaran abu-abu, sama seperti mata Pacman yang memakan adam di gambar di atas).

Ada tiga langkah mudah, yaitu:

  1. Pada langkah pertama, kamu diminta buat memilih nama daerah buat menginstal website WordPress. Kamu bisa memilih root daerah default ataupun memilih folder (misalnya, domain.id/blog) kalau gemar WordPress buat blog saja.
  2. Selanjutnya, kamu layak membuat akun administrator buat website. Masukkan nama pemakai dan kata isyarat serta bibit email barangkali kamu perlu mengulang akses ke website. Dan bagi keamanan, jangan memakai kata-kata “admin” dan “sandi”, pikirkan sesuatu yang lebih sulit ditebak! Karena WP amat populer, sedia berjibun hacker yang memburu website WordPress dengan kredensial admin yang terlalu mudah.
  3. Pada langkah ketiga, kamu diminta buat memilih budi panel admin website dan judul website (tidak begitu penting, beka bisa diubah) dan klik bincul besar “Install” berwarna hijau…

…dan nanti ibu peri memanipulasi WordPress untukmu. Setelah selesai, kamu bakal memandang tabel berbadan dua informasi akan website yang anyar dibuat ini. Klik bincul “WP Admin” buat masuk ke panel administrasi WordPress:

…Bisakah kamu menciumnya? Aroma website segar di pagi hari! Saya suka sesuatu yang baru.

Sudah selesai! Tapi, sedia beberapa kejadian yang mungkin layak segera kamu utak-atik akibat keahlian mengajarkan bahwa tak sarwa pengaturan buah tangan WP merupakan pilihan optimal.

Langkah 3 dari 4: Mengonfigurasi WordPress

Sebelum berangkat melangkaukan konten ke websitemu, mari kita piknik kecil di sistem sambil melangkaukan beberapa perbaikan buat nantinya.

Di sisi kiri dasbor admin WP, kamu bakal lihat menu admin dengan background kelabu gelap. Tidak sarwa fiturnya penting dan kita cuma bakal memakai beberapa. Kamu bisa mempertimbangkan sifat lainnya sambil jalan.

Bagian yang paling ada kalanya digunakan merupakan Pos dan Halaman, di mana kamu bisa membuat konten baru, lagi Komentar, buat memoderasi konferensi ala pos – siapa tahu kamu mau mengaktifkan sifat ini.

Perbedaan antara laman dan pos adalah: laman dipakai buat konten diam yang tak bakal berjibun diubah, seperti laman “Tentang Kami”; selagi itu, pos dipakai buat konten yang ditambahkan secara teratur, seperti berita ataupun blog pos. Ada lagi konsep spesial halaman blog di WordPress, berupa laman impulsif yang menampilkan sarwa posmu. Kita bakal membahasnya nanti. Untuk sekarang, mari kita lanjut!

Bagian penting lainnya di menu admin WP merupakan Tampilan, di mana kamu bisa menginstal isu okuler website (Tampilan → Tema). Ini amat mengakomodasi buat melangkaukan menu navigasi (Tampilan → Menu) serta widget (Tampilan → Widget), balok kecil yang memiliki fungsi spesifik seperti menampilkan daftar kategori ataupun search bar, biasanya sedia di sidebar. Bagian Tampilan ini lagi memuat Customizer, yang ada kalanya dipakai di isu modern mudah-mudahan kamu bisa menyesuaikan aspek di website, seperti warna dan font.

Selain itu, sedia belahan Plugin area kamu menginstal dan mengonfigurasi berbagai ekstensi yang melangkaukan sifat lain, seperti keamanan, bincul kemasyarakatan (share), formulir kontak, dsb.

Nah, mungkin inilah piknik WP tercepat yang pernah ada! Selanjutnya, mari kita ubah beberapa pengaturan di belahan Pengaturan di menu admin paling bawah:

Pengaturan → Umum: ingat waktu aku bilang kamu bisa mengedit “Judul Website” dan “Slogan Website” belakangan? Di sinilah kamu bisa melakukannya. Selain itu, pastikan pilihan “Keanggotaan”, “Zona Waktu”, “Format Tanggal”, “Format Waktu”, dan “Minggu Dimulai Pada” sudah disetel bertemu keinginan.

Pengaturan → Bacaan: buat sekarang, perhatikan sahaja belahan ini. Di sini, kamu bisa memanipulasi laman depan website buat menampilkan blog post ataupun laman diam (setelah memutuskan mana yang kamu mau). Kalau kamu tak memanipulasi laman blog post sebagai laman depan, kamu bisa memilih area lain. Cukup buat laman blangko anyar di belahan admin Halaman yang disebutkan di dahulu tadi. Lalu, kembali ke sini dan atur laman itu sebagai bukan laman depan blog post. Halaman itu impulsif bakal menampilkan post sehabis kamu menyimpan metamorfosis ini.

Pengaturan → Diskusi: kalau kamu gemar anak Adam beda bisa mengomentari post di blog ataupun newsfeed website, pastikan kamu mencentang bujur sangkar “Izinkan anak Adam memposting komentar ala artikel-artikel baru” serta “Aktifkan komentar berutas” (agar hadirin bisa membalas komentar anak Adam lain) dan “Komentar layak disetujui secara manual” (kalau tidak, kamu bakal kena BANYAK SEKALI SPAM). Apa pun pilihanmu, hapus centang di pilihan “Izinkan pemberitahuan tautan dari blog lain” akibat pilihan ini cuma bakal mengundang berjibun spam. Terakhir, lihat sebentar belahan “E-mail aku setiap kali”. Pastikan opsinya diatur bertemu keinginanmu.

Pengaturan → Permalink: amat disarankan memilih pilihan Nama Post akibat menghasilkan URL buat laman dan post yang bisa dipahami manusia (jujur saja, aku tak begitu yakin mengapa pilihan beda di subbagian ini ada).

Intinya, itu saja! Sekarang, kamu bisa bermain-main dengan website anyar dan berangkat melangkaukan konten. Tapi, sedia ahad langkah juga yang sebenarnya opsional, namun penting:

Langkah 4 dari 4: Menambah Tema dan Plugin

Pada dasarnya, kamu bisa mengabaikan tampilan okuler website dan inti ala konten. Tapi artinya, websitemu hadir biasa dan seperti triliunan website lain yang terlalu malas mengubah isu bawaan.

Plus, sedia berjibun isu WP gratis yang menawarkan kustomisasi dan personalisasi lanjutan. Jadi, kamu bisa membuat website dengan tampilan unik.

Ini tip yang tak tahu malu: Saya sarankan buat mencoba isu WP serbaguna kami, Bento (kami di Satori amat suka Jepang :)

Dengan isu ini, kamu bisa mengubah warna dan tampilan elemen virtual di website, membuat layout grid yang bertemu dan ramah seluler, serta berjibun sifat berfaedah lainnya yang tertera di di laman resmi mereka:

Dapatkan Bento secara bebas ›

Dan, Bento terdokumentasi dengan baik (yang tak sedia di adam WordPress) dan memiliki forum dukungan khusus di mana kami membalas sarwa perbahasan akan tema.

/ akhir dari promosi diri yang blak-blakan /

Sementara buat plugin, sedia 50.000+ plugin bebas yang selalu tersedia buat melangkaukan berbagai sifat anyar di websitemu dari alih bahasa dan pop up batas forum dan komune (tidak, kami tak membuat plugin, oke jangan berharap memandang link ke ekstensi “Sushi” ataupun “Kamikaze”).

Sebaliknya, aku cuma bakal mencantumkan beberapa plugin paling andal dan berguna yang layak dipertimbangkan oleh sarwa pemilik website – beralaskan pengalaman, review anak Adam lain, dan statistik objektif. Semuanya gratis, absolut saja:

  • Akismet buat menampi komentar dari spam secara otomatis. Ini plugin penyelamat! Atau penghemat waktu akibat bisa menyingkirkan sarwa komentar yang berbadan dua kata-kata dan link spam. Akismet memakai semacam algoritme voodoo pembelajaran alat perkakas yang bertambah baik seiring waktu.
  • All in One SEO buat optimasi alat perkakas pencari. Mungkin inilah alpa ahad plugin WP terbaik buat memanipulasi meta bahan yang akurat di website mudah-mudahan kontenmu tak hadir seperti “sampah” di produk pencarian Google. Google amat suka perhatian detail seperti ini.
  • Google Analytics Dashboard buat melacak hadirin yang mampir. Kamu lagi butuh akun Google Analytics tentunya, yang bisa dibuka secara bebas di kedudukan web resmi mereka.
  • Contact Form 7 mudah-mudahan hadirin bisa angkut amaran padamu. Untuk menerima email setiap kali seseorang angkut amaran di website, kamu lagi layak menginstal plugin mailer seperti WP Mail SMTP.

Jadi, ya, kita sudah beres sekarang. Nikmati website barumu yang keren! Kalau kamu butuh saran dan aksi terbaik, lanjutkan ke belahan bontot arahan ini. Judulnya amat cocok.

Tip Berguna (Opsional)

Saya tak abai dengan janji sebelumnya: berbalah cara bebas buat meningkatkan kedamaian website dan melakukan backup. Jadi, ini dia.

Tip #1: Membuat websitemu lebih aman. Mumpung websitemu sedang anyar dan polos, mungkin kamu gemar inti ala beberapa kejadian beda akibat belum sedia yang gemar meretasnya. Tapi, sedia hal-hal kecil yang hampir tak butuh waktu, namun bisa mengurangi kemungkinanmu diserang batas 10 kali lipat.

Pertama, saran yang amat bahana (dan 99% anak Adam tak mengikutinya): jangan gunakan “admin” sebagai nama pemakai panel admin WP. Gunakan kata lain. Itu sahaja sudah membuat websitemu seribu kali lebih sulit diretas. Dan gunakan kata isyarat yang kuat, dengan huruf kapital, angka, simbol, dan lainnya. Untuk kekuatan ekstra, gunakan autentikasi dua faktor (kode tambahan yang dihasilkan ponsel detik masuk).

Kebiasaan beda yang ada kalanya diabaikan berjibun orang: update WordPress, plugin, dan temanya. Kami sudah berbalah itu di Langkah 2 (“Menginstal WordPress”), tetapi kamu sedang layak memperhatikan notifikasi update di admin WP.

Untuk kamu yang hati-hati, aku sarankan buat menginstal plugin Wordfence gratis. Ada berjibun pilihan perlindungan ekstra yang bakal mengakomodasi webmaster paling paranoid sekalipun tidur nyenyak di malam hari.

Tip #2: Backup impulsif yang mudah. Karena kamu pasti tak mau menghabiskan waktu buat melakukan backup secara manual. Ada kejadian beda yang lebih baik dilakukan, seperti membuat konten website! Satu kata: UpdraftPlus. Alat ini gratis, pengaturannya mudah, dan kamu bisa memilih buat menyimpan backup di berbagai tempat, dari servermu sendiri (tapi tak direkomendasikan) batas penyimpanan awan (cloud).

Saya sendiri memakai pilihan Google Drive di Updraft. Pengaturannya semakin enteng sehabis mereka melakukan integrasi sendiri. N.B. Versi gratisnya menyediakan sarwa yang kamu butuhkan buat website normal. Saya belum pernah mencoba versi Pro kendatipun melaksanakan berbagai desain online dengan beragam tingkat kerumitan.

Penutup / Tanya Jawab

Hiattt! Kita sudah mempertimbangkan kaidah membuat website, menghemat lebih dari $200, dan bersenang-senang… mungkin sedikit? Oke, mungkin lebih seperti kerja ketimbang bersenang-senang, tetapi hasilnya bahana sepadan.

Kalau kamu suka arahan ini, mari bagikan di media kemasyarakatan (ya, aku tahu, tak sedia juga yang berbagi zaman now, tetapi tetap layak aku katakan) dan mungkin kamu bisa beri tahu teman-teman pemula? Oke, baik, Twitter lagi boleh :/

Masih di sini? Saya agak kaget, jujur saja. Ya, entahlah… kalau kamu sedang memiliki perbahasan akan sarwa yang kita periksa di arahan ini, kirimkan komentarmu di bawah. Saya mengeceknya dari waktu ke waktu (serius). Dan kalau kamu mau melangkaukan sesuatu ala arahan ini ataupun memberi kritik, simpan sendiri di di hati! Bercanda, absolut sahaja boleh.

Tetaplah gemar tahu, gapailah bintang, dan semoga beruntung di sarwa usaha yang mendorongmu buat membuat website! Salam.

Sekian pembahasan perihal Cara Membuat Website Sendiri di 2019: Panduan Untuk Pemula semoga tulisan ini berfaedah terima kasih

Artikel ini diposting pada tag Cara membuat website, cara membuat website gratis di google, cara membuat website gratis, , tanggal 15-09-2019, di kutip dari https://satoristudio.net/cara-membuat-website/

Komentar